Kamis, 14 Juni 2007

Mencairkan Cek Adsense, Text Link Ads, Chitika, dan Adbrite


Saya sering ditanya, kalo mencairkan cek dimana? terutama untuk program Google Adsense. Kalo saya pribadi biasanya lewat Bank Niaga Yogyakarta, biaya $5 per cek, tetapi ada beberapa persyaratan yaitu: mempunyai rekening di bank niaga dan sudah lebih dari 6 bulan sebagai nasabah. Kemudian sebagai jaminan inkaso, direkening akan di hold Rp. 200.000,- dan dilepas setelah cek cair.
Untuk bank niaga, biasanya cek cair sekitar 34 hari sejak di masukkan. Sementara ini udah pernah mencairkan mencairkan cek adsense dan chitika di bank niaga. untuk jenis cek lain belum pernah nyoba. Untuk bank, saya belum pernah menggunakan bank lain, selain bank niaga.

Alternative lain pencairan cek adalah lewat jasa dari Bali Web Maker dan Kios Cek, keduanya kebetulan berada di Bali.

Untuk jasa pencairan cek, saya baru mencoba Bali Web Maker, awalnya saya ingin menukarkan Cek dari Text Link Ads (ref) sebesar $153, earning pertama saya dari Text Link Ads, tetapi ternyata mereka masih kesulitan, sampai hari ini, belum ada kepastian apakah bisa dicairkan atau tidak. Setelah mengirimkan cek pertama dari Text Link Ads, saya susulkan cek adsense untuk earning bulan maret sekitar $814 lewat jasa pengiriman TIKI, kebetulan sampai sana jumat sore, sedangkan sabtu libur, jadi cek baru bisa mereka cairkan hari senin kemarin dan langsung di transfer ke rekening saya pada hari itu juga dengan potongan sebesar 2,5%. Lumayan juga, duitnya aku pake buat pasang internet di kost.

Senin kemaren juga, saya menerima kiriman cek kedua dari text link ads untuk earning bulan April sebesar $353. Temen kost saya, Wira, kebetulan ikutan adsense juga, punya koneksi dengan orang yang bisa mencairkan cek. Akhirnya aku coba cairin lewat temen kost saya, senin sore saya serahkan cek dan 2 fotokopi KTP tanpa surat kuasa seperti 2 jasa diatas. Saya bilang sama temen saya si Wira, kalo bisa nyairin cek yang saya dapat, akan saya kasih 100 ribu sebagai fee, sama dengan biaya yang ditawarkan oleh Bali Web Maker. Karena si Wira kerja (Rumah Sakit HappyLand Jogja), sore dia pulang dari kantor dia udah bawa duitnya, ternyata ceknya bisa dicairkan dengan nilai kurs pada hari ini dikurangi sebesar Rp.200/dolar oleh pihak yang mencairkan. Sedangkan untuk si Wira saya kasih 100 ribu seperti janji saya.

Mungkin besok kalo nggak ada kabar dari Bali Web Maker, saya akan menghubungi mereka untuk mengirim kembali cek text link ads saya dan akan saya cairkan di Jogja lewat temen kost saya, saya udah bilang ama si Wira bahwa saya akan ngasih 100 ribu untuk tiap cek yang dia cairkan, sama seperti biaya yang ditawarkan oleh Bali Web Maker. Kenapa berani ngasih segitu? tentu saja untuk sebuah kecepatan, dan tentu saja tanpa rasa was-was lagi sebagaimana ketika saya harus mengirimkan cek dalam jumlah cukup besar (untuk ukuran anak kost) ke Bali.

Radian tadi maen ke kost, dan cerita kalo baru dapat cek adsense sekitar $300 lebih, aku bilangin kalo aku baru nyairin cek text link ads ama si Wira. Katanya besok radian mau ke kost lagi buat minta di cairin ceknya.

Untuk Adbrite, maaf, saya baru ikutan Adbrite 2 bulan yang lalu. Di account adbrite, earning sebenarnya udah lebih dari $100, katanya pembayaran dari Adbrite setiap 2 bulan. jadi saya belum pernah dapat cek dari adbrite, jadi nggak punya pengalaman juga dalam menukarkan ceknya.



Dari berbagai sumber Oleh Wahyu Setiawan

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas, ada alternatif cairin cek yang cepat ndak..? kios cek dan baliwebmaker dah tutup sepertinya.

saya ada di jogja mas, bagi2 info dunk...